perbedaan visi dan misi

nah.. berdasarkan beberapa sumber.. ini nih bedanya visi dan misi. check this out !

"Visi (vision) adalah pernyataan yang mendefinsikan sesuatu yang ingin dicapai perusahaan/organisasi di waktu yang akan datang. Visi lebih terkonsentrasi ke masa depan (jangka panjang, future) dan cenderung merupakan pernyataan yang sifatnya strategis."
"Misi (mission) adalah pernyataan-pernyataan yang mendefinsikan apa yang sedang/akan dilakukan atau ingin dicapai dalam waktu (sangat) dekat atau saat ini. Misi lebih terkonsentrasi ke saat ini dan merupakan target-target yang sifatnya lebih operasional yang mungkin dikaitkan dengan customer, proses-proses dalam organisasi, serta tingkat kinerja yang diinginkan."
"Program Kerja adalah program-program nyata yang mungkin untuk diimplementasikan untuk mencapai misi perusahaan atau organisasi."

tapi..
Kesalahan-kesalahan serta kelemahan-kelemahan yang sering terjadi ketika mendefinisikan hal-hal di atas, diantaranya adalah:
  1. Tidak jelas bedanya antara visi dan misi
  2. Tidak ada dimensi ukur dan nilai-nilai targetnya, sehingga sulit mengukur keberhasilan pencapaiannya
  3. Program-program kerja yang tidak nyata, tidak kongkrit, tidak membumi, cenderung masih jauh di awan

nah.. kejelasannya gini nih..
* Visi (Vision)Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

Jadi dapat disimpulakan bahwa visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.


* Misi (Mission)

Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut. Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.
Menurut Drucker (2000:87), Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8)
Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) Misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.


Beberapa contoh Visi dan Misi Perusahaan

* BNI

Visi BNIMenjadi Bank kebanggaan nasional yang Unggul, Terkemuka dan Terdepan dalam Layanan dan Kinerja

Pernyataan Visi
Menjadi Bank kebanggaan nasional, yang menawarkan layanan terbaik dengan harga kompetitif kepada segmen pasar korporasi, komersial dan konsumer
Misi BNI
  • Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama (the bank choice)
  • Meningkatkan nilai investasi yang unggul bagi investor.
  • Menciptakan kondisi terbaik sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
  • Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial.
  • Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

* RCTI


VISI
Media Utama Hiburan dan Informasi
Perkataan “utama” mengandung makna lebih dari yang “pertama” karena kata “pertama” hanya mencerminkan hierarki pada dimensi tertentu. Sedangkan kata “utama” mengandung unsur kemuliaan karena melibatkan aspek kualitas, integritas dan dedikasi.

Media utama hiburan dan informasi memiliki makna:
  1. RCTI unggul dalam hal kualitas materi dan penyajian program hiburan dan informasi.
  2. RCTI memperhatikan keseimbangan faktor bisnis dan tanggung jawab sosial atas sajian program-programnya.
  3. RCTI menjadi pilihan yang utama dari para “stakeholder” (karyawan,pemirsa,pengiklan,pemegang saham,pemasok,pesaing,perusahaan afiliasi,mitra strategis,masyarakat, dan penyelenggara Negara)
MISI

Bersama Menyediakan Layanan Prima
Interaksi kerja di perusahaan lebih mengutamakan semangat kebersamaan sebagai sebuah tim kerja yang kuat. Hal ini memungkinkan seluruh komponen perusahaan mulai dari level teratas sampai dengan level terbawah mampu bersama-sama terstimulasi,terkoordinasi dan tersistemasi memberikan karya terbaiknya demi mewujudkan pelayanan terbaik dan utama kepada “stakeholder
TIGA PILAR UTAMA
  1. Keutamaan Dalam Kebersamaan
  2. Bersatu Padu
  3. Oke
Untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan, ada 3 (tiga) nilai sebagai pilar utama yang menjadi motivasi,inspirasi dan semangat juang insan RCTI. Proses kerja dilakukan dengan semangat kebersamaan untuk sampai pada hasil yang mendapat pengakuan dari para “stake holder” atas kualitas integritas dan dedikasi yang ditampilkan.

* PT Telekomunikasi Indonesia Tbk
Visi
To become a leading InfoCom player in the region
Telkom berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
Misi
Telkom mempunyai misi memberikan layanan " One Stop InfoCom Services with Excellent Quality and Competitive Price and To Be the Role Model as the Best Managed Indonesian Corporation " dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
Telkom akan mengelola bisnis melalui praktek-praktek terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/10/definisi-visi-misi-dan-strategi-dan.html

Up-Hill
 
Does the road wind up-hill all the way?
bukankah perjalanan angin itu menyisiri bukit d sepanjang jalan? (hidup itu sulit)
   Yes, to the very end.
yaa.. untuk mendapatkan sesuatu yang sangat akhir
Will the day’s journey take the whole long day?
Akankah petualangan hidup ini mengambil seluruh dari sepanjang hari yang kita lewati
   From morn to night, my friend.
Dari pagi sampe malam, teman (dari lahir sampai mati ) tidak akan ada perjalanan yang mudah teman
But is there for the night a resting-place?
Tapi apakah untuk malamnya akan ada tempat peristirahatan??
   A roof for when the slow dark hours begin.
Sebuah atap, dimana jam mulai berdetak dengan lambat (ketika di akhirat waktu berjalan sangat lambat)
May not the darkness hide it from my face?
Mungkin tidak kegelapan menyembunyikannya dari wajahku? (Ketika kematian akan menghampiri)
   You cannot miss that inn.
Kamu tidak bisa melewatkannya.
Shall I meet other wayfarers at night?
Haruskah ak bertemu pengembara lain di malam hari? ( kita sebagai wisatawan baik di dunia maupun di akhirat)
   Those who have gone before.
Itulah mereka yang pergi sebelumnya (orang2 yang telah meninggal sebelumnya)
Then must I knock, or call when just in sight?
Kemudian aku harus mengetuk? Atau memanggil ketika saat saya hanya terlihat?
   They will not keep you standing at that door.
Mereka tidak akan mengijinkan anda hanya berdiri di depan pintu.
Shall I find comfort, travel-sore and weak?
Haruskah ak menemukan kenyamanan, perjalanan yang menyakitkan dan kelemahan? (akan ada perjalanan sulit yang menanjak)
   Of labour you shall find the sum.
Kita sebagai tenaga kerja, akan menemukan hitungan / jumlah (di mana kita akan "menemukan penjumlahan" untuk kami "tenaga kerja" di mana kita akan menerima pahala bagi upaya kami telah diajukan seperti yang telah kita menjalani kehidupan kita) .
Will there be beds for me and all who seek?
 Akankah disana akan ada tempat tidur bagi saya dan semua orang yang mencari?
  Yea, beds for all who come.
Yaaa.. tempat tidur bagi semua orang yang datang.. (surga)

jahatnya LDR


Jahatnya LDR buat mereka yang gak kuat iman ^__^

LDR itu kadang jahat log temen2, buat mereka yang gak kuat pondasinya..
Iyaa.. tuh komitmen emang kadang begitu jahatnya..
Tau gak kenapa, dari sebuah riset sesat membuktikan bahwa,
Relationship yang kriterianya Cuma peluk2n bareng si guling sama tembok kamar, yang kissing2 sama layar HAPE, Cuma akan bikin si penderita (iya si penderita kayak kamu) mengalami gejala – gejala yang hiperbolis kayak yang ak jelasin tadi.
Tau kenapa?
Check this out my reason !!
Pertama, LDR itu saat dimana kita gak bisa cepet2 tuh nyelesaiin masalah sama cowo kita. Gimana mau nyelesaiin kalo problem solving kita berat di sinyal hape apalagi berat di pulsaaa... mhuaahahaa.. kasian deh...
Asal tau ya.. percaya gak percaya.. nyelesaiin masalah lewat sms itu gak bakal ada ujungnya.. iya.. apalagi kalo buntutnya malah salah paham.. udah deh.. mending kalian kasih waktu buat sendiri2 dulu.. kalo udah adem, baru deh d omongin..
Kedua, LDR itu nyesek. Gimana gak nyesek coba? Kalo kita lagi pengen nangis, kita pengen bentar aja deh, semenit aja sandarin kepala kita yang hampir hidrocefalus gara2 masalah yang gak kelar2 muter2 n ngebebanin kita. Dimana keberadaan sang pacar yang seharusnya ada di saat genting?? Cuma jadi temen sms yg kadang gak sepenuhnya bisa bikin nih ati n pikiran calm down. Iyaa.. mereka Cuma sebentar ada tapi gak sepenuhnya ada disaat kita sedang butuhin mereka.
Ketiga, LDR itu kesempatan besar untuk mendapat tikungan. Lhah, gimana gak..  suatu saat pas kita butuh temen curhat, gak sengaja pasti akan ada cowo kece yang tebar kepedulian bermodus sebagai temen curhat elo. Yahhh.. bahasa gaulnya sih
–MODUS TTM KAKAK ADEK—Nih cara PDKT yang benar2 musyrik. Iya dong.. si orang ketiga datang ketika si korban dalam keadaan lengah. Saat si korban sedang dalam keadaan GALAU tingkat kwarcab kwaran sepropinsi, mereka akan masuk ke kehidupan kalian bak ZORRO ataupun SAILORMOON. Mereka sok2 dengerin curhatan kalian, trus lama – lama ngingetin,, dek .. jangan lupa maem ya.. nanti kamu busung lapar lho.. ihh.. sok pedulian banget kan..?? trus lama2 ngajak dinner romantis di HIK kaki lima trus pas pulangnya minta2 peluk trus cium kening. Nahh.. kalo gejala2 macam ini sudah terindikasi, segera hubungi pacar terdekat untuk menyelamatkan hubungan anda. Karena kalo hal ini di biarkan, bisa menginfeksi ketentraman hubungan LDR kalian. bisa di pastikan hubungan kalian akan kandas tak berbekas. Wewww.. weeeww.. ngeri ngerong kan??? Makanya.. hati2 sama temen cowo ato cewe yang berniat jadi kakak / adek kamu..  waspada dia bakal jadi orang ke3, ke4, ke5 atau ke—itung sendiri ahhh.. qaqa capek. ---_____---
Keempat,  LDR bisa menjadi wadah untuk memupuk kebohongan kalo kalian doyan ngegampangin sang pacar. Iya.. sebagai contoh : “ sayang kamu lagi apah? Udah mandi? Udah PUP juga belum? “ trus kamu malah bales gini : “ aku udah bangun dari tadi pagi jam 5 koq sayangs.. udah sholat dan ngaji,  ak juga udah lari2.. ak istirahat dulu ya” padahal tau gak, itu jam udah jam 11 dan kamu baru bangun dan mau nerusin tidur lagi. Nahh.. demi sebuah persepsi anak sholeh yang baik dan suka menabung, kamu selalu bilang sesuatu yang gak sebenernya. Atau bahasa ilmiahnya.. BOKIS ke pacar elo. Iyaa.. atas nama jarak yang memisahkan dan tidak ada kekasih yang menyaksikan gerak gerikmu, elo dengan beraninya ngeboongin pacar elo yang disana begitu perhatian dan rutin nge smsn , nge bbm kamu.. nah.. sebagai pacar yang sholeh dan beriman, hentikan kenistaan ini. Jangan lagi membuat segalanya begitu manis tapi palsu. Apa adanya lah dengan kekasihmu.. karena semua yang terbaik adalah cintailah pasanganmu apa adanya, bukan karena ada apanya.. agar gak ada lagi keterkejutan dan wajan penggorengan yang terbang bebas setelah kalian hidup bersama membina rumah tangga yang sakinah, mawadah, warohmah..
Kelima, LDR itu relationship yang rawan putus nyambung. Ehh..iya.. lha kenapa? soalnya kalo kalian aja ketemu Cuma setaun sekali atau satu dekade sekali, bisa dipastikan bila kalian berantem, trus gak ada ujungnya, trus mood kalian lagi gak baek, yahh.. mudah aja bilang PUTUS.. hubungan yang dibangun dengan pondasi yang lemah tentu akan membuat hubungan kalian mudah dikibaskan dengan hembusan angin kentut. Makanyaa.. pesan qaqa, perkuat deh iman kalian dalam berpacaran, rajin2 ngingetin dengan semangat positif, kasih dia efek positif selama pacaran sama kamu walau kalian dipisahkan oleh  gunung dan samudra,  Dengan kekuatan api, tanah, air, udara, avatar datang menyelamatkan dunia, ehhhmm.. oke ini udah mulai gak nyambung. Jangan capek untuk bersabar dan saling pengertian, karena kedewasaan akan tumbuh beserta kesabaran yang kalian latih .. so.. pasangan LDR, ceUmUNGudt eaAAA.. tingKatkAN kePErcayaAAn dan RajiNLAh menAbung.. (yang terakhir ini gak ada hubunganya sih, tapi yaudah deh) capcuzz...
Nb : moga bermanfaat eaa.. yang punya unek2 all about LDR boleh koq kasih comment.. sekedar kasih ilmu buat eloh... LDR = Long Distance Relationship = Hubungan Jarak Jauh = Hubungan Paling Nyesek sejagad raya